Sunday, January 1, 2017

Serba Serbi Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) SM3T UNY

Assalamu 'alaikum warah matullahi wabarakatuh..Kembali lagi bersama blog ini.
           Pendidikan Profesi Guru akan berakhir di bulan Februari dan ujian telah saya jalani semuanya. Tinggal menunggu datangnya wisuda dan semua administrasi yang perlu diselesaikan sebelum meninggalkan sekolah ini. Bagi kalian yang akan menjalani PPG atau ingin tahu apa itu PPG, silahkan simak baik baik cerita saya ini ya.
           Pendidikan Profesi Guru (PPG) hanya dibuka bagi para alumni peserta SM3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) pada tahun 2016 ini. Saya adalah angkatan ke 4 yang menjalani PPG di Indonesia ini. Bagaimana kita mendaftar PPG?
  1. Akan ada pengumuman resmi dari website  http://seleksi.dikti.go.id/ atau website resmi UNY http://www.uny.ac.id/
  2. Kita disuruh untuk melengkapi berkas pendaftaran secara online di laman dikti.
  3. Nanti akan ada pengumuman penempatan PPG kita oleh pemerintah. Kita tidak bisa memilih tempat PPG ya..Karena tidak semua penyelenggara SM3T memiliki prodi PPG yang kita butuhkan. LPTK sudah memiliki plot dan kuota PPGnya. UNY paling banyak sendiri peserta dan program Studinya. Biasanya jika LPTK pemberangkatan SM3T memiliki Prodi PPG kita, maka kita akan PPG di LPTK awal. Prodi PPG UNY tahun 2016 antara lain:                  - PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, PG PAUD, PGSD, PJKR, Sosiologi, Ekonomi, Sejarah, Geografi, PT Otomotif, dan PT Mesin.
  4. Menyiapkan berkas yang perlu dibawa saat memasuki asrama antara lain SKCK, Surat Sehat, FC Ijazah, FC Transkrip, Surat Pernyataan Bermaterai dll..Dulu saya tidak perlu menyiapkan Surat Bebas Narkoba
  5. Jangan lupa bawa materai ya
  6. Siap-siap lah bawa barang-barang dalam koper..
           Bagi kalian yang akan menjalani PPG di UNY maka pengecekan kelengkapan peserta di lakukan di Rektorat UNY kampus Pusat. Jadi kalian akan pergi kesana terlebih dahulu untuk daftar ulang dan mengumpulkan berkas. Pihak rektorat akan menyediakan Shuttle bus khusus untuk mengantarkan kalian ke kampus UNY Wates di Kulon Progo. Kalian akan diberi waktu 3-4 hari untuk lapor diri ke UNY maksudnya itu waktu untuk kalian daftar ulang sekalian bawa bawang kalian ke asrama. Biaya perjalanan dari rumah kalian ke kampus UNY Pusat akan diganti, so jangan lupa bawa bukti pembayarannya berupa tiket/boarding pass/kuitansi. Penggantian uang keberangkatan itu disesuaiakan dengan provinsi asal rumah kalian jadi nanti akan sama nilainya dengan teman yang satu provinsi. Tapi wajib sertakan kuitansi pembayaran/ tiket itu nanti. Lama perjalanan naik bus dari Jogja ke Wates sekitar 1 jam, itupun jika tidak macet yes..Baik akan saya lanjutkan cerita di postingan selanjutnya Yes..

              Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

4 comments:

  1. Mas mau tanya. Kalo program PPG itu bisa diikuti oleh yang non sarjana pendidikan ndak ya?
    Kira2 saya bisa cari infonya kmna ya klo di UNY?
    Trimakasih

    ReplyDelete
  2. oke menurut sya harus yg sarjana pendidikan
    ppg untuk profesi guru, dan guru skarang hrs yg sarjana pendidikan
    atau linier dgn profesix..

    ReplyDelete
  3. apa ada yg jalur umum yah mas, tanpa sm3t?

    ReplyDelete
  4. Mas, kalau saya bukan alumni SM3T apakah bisa mengikuti PPG, trims

    ReplyDelete