Tuesday, January 3, 2017

Kegiatan Kuliah Semester 1 PPG UNY

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..Apa kabar pembaca?

              Kali ini saya akan bercerita tentang kegiatan kuliah di semester 1 PPG UNY. Tentunya saat saya kuliah di tahun 2016 ya. Ah ada yang kelupaan, saat kalian sudah sampai asrama wates dan waktu lapor diri masih tersisa, kalian tetap diberi makan siang seingat saya. Pada saat itu belum ada katering resmi untuk PPG. Kalian disuruh makan siang di kantin kampus Wates, letaknya sebelah timurnya GLA. Tenang kalian tidak akan bayar. Nanti bilang saja kalau dari PPG gitu ibunya pasti tahu dan disuruh mencatat di buku serta prodi kalian. Dulu saya lapor diri pada hari kedua jadi sempat mendapat makan siang di kantin itu.

             Setelah kalian masuk asrama kampus UNY Wates, dan lapor diri secara resmi ditutup pada sore harinya. Kalian akan menjalani orientasi selama tiga hari (seingat saya) di Aula GLA (Gedung Layanan Akademik). Isi orientasinya standar aja. Kalian cukup mendengar dan mencatat hal-hal yang kalian rasa penting. Ya isinya hanya informasi-ceramah dari para petinggi kampus tentunya. Kalian patut bangga karena kalian adalah mahasiswa pendidikan profesi yang super-super prestisius karena dinilai telah berjasa dalam mengatasi kekurangan guru di 3T. So jadikan diri kalian sebagai teladan. Kalian akan berseragam putih hitam selama orientasi YEs..

              Setelah orientasi tentunya kalian akan kuliah. Kuliah PPG terdiri dari 2 tempat yaitu Kampus UNY Wates dan Kampus UNY Pusat. Kampus UNY Wates digunakan oleh prodi PGSD, PG PAUD, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah, PJKR dan PKn. Kampus UNY Pusat digunakan oleh prodi Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Teknik Mesin, dan Teknik Otomotif. Nanti kalian akan dikenalkan dosen-dosen pembimbing workshop SSP kalian serta jadwal workshop, aturan, penilaian, dan lain sebagainya. So..sekaranglah dimulai kehidupan kuliah kalian..

         Setiap program studi memiliki kebijakan pembagian kerjanya masing-masing. Saya akan memberikan gambaran kulian di Prodi saya Biologi. Antara prodi satu dan lainnya tidak selalu sama ya jadi ini bisa menjadi gambaran kalian saja bagaimana sistem kulian di semester 1 PPG UNY ini.

               Kuliah PPG hampir sama dengan kuliah S1. Sistem kuliah PPG UNY dinamakan workshop SSP (Spesific Subject Pedagogic). Selama SSP kalian akan jarang menemui dosen memberikan materi kuliah. Hal yang kalian lakukan sehari-hari adalam membuat perangkat pembelajaran dari pukul 07.30 sampai 16.00. Saya tidak berlebihan lo ya..Itu jam kerjanya demikian. Kalian akan menyusun perangkat pembelajaran mulai dari Silabus sampai media belajarnya. Semuanya, sesuai jenjang pendidikan yang akan kalian ajar.


Kerja Kelompok SSP
Mencoba pembuatan media SSP 1 Protista.
Aduh waktu itu nyoba bikin sediaan Protista mirip Jamur tidak berhasil..

                PPG Biologi UNY memiliki sistem 6 workshop SSP yang akan diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan selama semester 1. Saya mulai workshop hari Senin tanggal 21 Maret 2016 dan berakhir hari Selasa tanggal 26 Juli 2016. Jadwal sudah diberikan di awal. Amazing bukan,,Semua terstruktur rapi ya..Jadi mengerjakan Workshop disini ada Deathline nya so jangan malas-malas mengerjakan. Jadwal Workshop saya dulu bisa dilihat disini. Itu google doc yes..

Wajah Pasrah untuk mempertanggungjawabkan hasil workshop
Presentasi Hasil Workshop SSP 1 di depan para dosen.
Siap-siap tuh kritikan dan masukan trus revisi lagi T_T. Biologi screennya terbesar se MIPA

                  Workshop SSP 1-5 berisi kegiatan membuat perangkat dari kelas X sampai XII, Khusus SSP 5 langsung mengerjakan kelas XII semeter 1 dan 2 yang lainnya satu semester per SSP. Kita memetakan dulu jumlah minggu efektif dalam satu semester kali jam mengajarnya. Ya seperti kalian membuat perangkat pembelajaran dari awal. Nantinya ada Silabus, RPP, LKS, dan Media belajar kalian untuk digunakan nantinya, Jangan sampai kalian hanya menjiplak atau meniru dokumen yang sudah ada. Pastinya kalian juga ingin berkembang kan? Ada banyak referensi di ruang PPG yang akan kalian dapatkan nanti. Ruang PPG sudah full akses Wifi cepat khusus. Apalagi masih ada ruangan untuk browsing di Biologi. Ada 3 komputer yang tersambung dengan internet dan full akses untuk mahasiswa PPG Biologi. Saat workshop berlangsung, kalian tidak mesti ditungguin dosen. Kalian bekerja secara kelompok sesuai KD yang kalian dapatkan dalam SSPnya. So ini kerja Tim dalam kelas. Jangan sampai dari setiap individu menghambat hasil akhir kerja kelompok. Hasil kerja kelompok akan disatukan dalam satu kelas. Namun demikian penilaian tetap individu dalam kelompok ya..

JANGAN LUPA TETEP CERIA DAN BAHAGIA.
Itu ruangan workshop terbesar se PPG UNY
                Akhir dari masing-masing workshop SSP adalah Peer teaching. Yap setelah workshop selesai kalian akan mengajar teman kalian sendiri seolah olah mereka anak SMA. Durasi yang diberikan adalah 45 menit. Beda dengan prodi lain yang biasanya lebih singkat. Ada untungnya juga durasinya seperti sekolah SMA sebenarnya. Akan dibagi menjadi 2 kelas ya. Jadi ada 10 dan 9 siswa dalam tiap kelas. Peer teaching biasanya dilakukan dalam 2 atau 3 hari. Itu dilakukan seharian full ya. Alias tidak ada workshop, yang ada hanyalah penilaian peer teaching oleh Dosen dan Guru Pamong dari sekolah mitra. Mantap kan...Benar benar akan dikritik dan diberi masukan secara profesional. Jadi urutannya: Workshop - Presentasi - Revisi - Peerteaching - Penjilidan Workshop SSP. Berarti kalian nanti akan melakukan peerteaching selama lima kali.

               Bagaimana dengan workshop 6? Ini adalah murni hasil kerja individu. Otak kalian akan lebih-lebih banyak berpikir disini. Produknya bukan lagi perangkat pembelajaran melainkan ProPosaL PTK. Yuhu dalam waktu sesingkat itu kalian diberi waktu untuk observasi di sekolah yang akan kalian gunakan untuk PPL serta menemukan masalahnya. Ya susun lah judul PTK kalian sesuai dengan arahan dosen pembimbing. Pokoknya siap-siap muring-muring (basa jawa: marah-marah).

Baik. Itu saja pembaca yang budiman mengenai kegiatan kuliah PPG UNY nanti. Sudah malam ini setengah 11 malam lewat. Saatnya tidur. Jangan lupa share, komentar ya..supaya tetap manfaat. Saya akan berbagi cerita pada tulisan selanjutnya..

Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

3 comments:

  1. Yth. Sdr. Fathoni Bintara
    Mohon informasi apakah sdr memilih sendiri tempat perkuliahan PPG di UNY atau ditempatkan ?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Yth. Sdr. Fathoni
    Bagaimana dengan pemilihan tempat asrama? Apakah memilih sendiri?
    Dan apakah selama di asrama diperbolehkan keluar asrama atau tidak?

    ReplyDelete
  3. Yth. Sdr. Fathoni
    Bagaimana dengan pemilihan tempat asrama? Apakah memilih sendiri?
    Dan apakah selama di asrama diperbolehkan keluar asrama atau tidak?

    ReplyDelete