Monday, January 2, 2017

Persiapan Memasuki PPG UNY

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
              Kembali lagi kita bertemu. Saatnya kita membahas barang barang apa yang kamu butuhkan untuk dibawa saat menjalani PPG. Paling penting yang kamu bawa adalah MENTAL. Mental untuk menjalani kehidupan berasrama dengan aturannya dan kita tidak bisa seenaknya pulang walaupun akhir pekan. Semua ada aturannya. Mulai dari makan, penggunaan alat, dan jam tidur. Maksudnya jam tidur adalah tidak ada yang beraktivitas lebih dari pukul 10 malam di lantai satu. Kita boleh begadang atau mengerjakan tugas tapi dikamar. Mental juga perlu ditingkatkan mengingat teman kalian berasal dari berbagai universitas di penjuru Indonesia dan mereka PIntAr- PinTaR
                Hops..Lantas barang bawaan PPG apa yang perlu kalian bawa?
  1. Setelah Putih-Hitam sejumlah minimal 2 pasang. Sebenarnya bawa 2 pasang saja sudah cukup juga. Untuk putri wajib bawa rok ya!. Untuk Pria bawa dasi ya, biar lebih profesional dan bisa nanti digunakan saat kalian workshop SSP apalagi PPL semester 2, wajib pakai. Penting sekali pakaian ini karena pada saat orientasi akademik, kalian pakai baju itu terus sampai tiga atau empat hari (lupa). Workshop SSP juga mewajibkan setiap hari senin dan selasa kalian berseragam putih-hitam. That's a must.
  2. Baju formal berupa kemeja dan bawahan minimal 2. Baju formal kemeja ini digunakan untuk hari Rabu dan Kamis. Pria pakai kemeja formal lengan panjang/pendek. Wanita menyesuaikan yang formal juga ya. Jangan pakai gamis terusan. Ini bukan anak kuliahan S1. 
  3. Baju batik minimal 2. Baju batik digunakan pada hari Jumat.
  4. Baju sehari-hari dan tentunya sandal.
  5. Sepatu pantofel hitam. Tentunya wajib ya bapak ibu guru untuk bersepatu pantofel. Ini digunakan untuk workshop dan juga PPL.
  6. Sepatu sport. Wajib ya kawan. Soalnya setiap hari minggu pagi nanti ada senam pagi. Semua bersepatu dan pakaian olahraga. Selain itu ada acara berkaitan dengan olahraga lainnya perlu menggunakan sepatu sport.
  7. Setelan baju olahraga. Celana Training dan kaos olahraga. Seperti pada poin ke 5. Olahraga ya pakai baju olahraga lah.
  8. Alat mandi dan make up kit ya. Bapak ibu guru harus tampil ganteng dan cantik. Jangan cuma polosan. Nanti kalian akan lihat teman kalian betapa mereka memperhatikan style mereka. Jadi jangan kalah..haha..
  9. Kotak makan dan botol minum. Itu hal yang penting digunakan jika kalian tidak sempat sarapan di asrama jadi bisa ambil makan trus masukin kotak makan dan bisa makan di kelas jika belum masuk atau pas jam istirahat. Perlu juga punya alat makan standar seperti gelas, piring, sendok. Walaupun pihak asrama sudah menyiapkan makan prasmanan tapi kalian tidak diperbolehkan membawa gelas piring ke dalam kamar !.
  10. Setrika. Penting banget biar baju kalian tidak kusut.
  11. Laptop. Ini barang wajib selain smartphone kamu karena kita bekerja secara individu pakai ini.
  12. Buku pelajaran sekolah kurikulum 2013 sesuai jenjang kalian akan mengajar. Itu adalah acuan untuk kalian mengetahui kedalaman materi anak sekolah saat membuat perangkat pembelajaran di Workshop SSP semester 1. Bawa juga buku level kuliah kalian untuk pendalaman materi dan mengetahui benar salahnya materi dibandingkan buku anak sekolah. Belum tentu buku anak sekolah sekarang isinya/kontennya benar semua lho..
  13. Roll kabel. Itu penting banget karena stop kontak di setiap kamar ada 5 terdiri dari 3 nempel di meja belajar dan 2 nempel di dinding. Kalian perlu rol kabel untuk memperpanjang stopkontak dan pastinya banyak colokan. Stop kontak juga berguna saat kalian workshop SSP untuk Recharge laptop.
  14. Heater (bila perlu). Biar kamu bisa minum panas dan buat bikin mi instan atau mi cup. Saya sendiri bawa dari rumah. Biasa saya sering minum panas. Apalagi jika begadang mengerjakan tugas..Euh..minum kopi dulu.
Ada hal hal yang bisa kalian beli di sekitar asrama ini. Ada supermarket HW dan alfamart (bukan promosi). Kalian bisa beli barang-barang disana. Mulai dari ember cuci, pakaian, makanan, alat mandi, dan keperluan sehari-hari lainnya..Itu yang dapat saya sampaikan, Nanti jika ada info akan saya pos di judul berikutnya..
            Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

6 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. apa harus vantovel hitam? untuk yang putri, vantovelnya warna gelap lain (misalnya coklat) apa diperbolehkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya hitam mbak..untuk warna lainnya saya kurang tahu..Saya belum pernah menemukan warna selain hitam saat PPL. Tapi kalo SM 1 workshop mereka sepatunya tidak selalu hitam. Semoga bisa membantu

      Delete
  3. bawa kulkas mini boleh ngak mas...:)

    ReplyDelete