Friday, January 13, 2017

"Bah", Tari Adat Suku Ngalum, Papua

                Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..hah lama tidak ngeblog..
          Beberapa hari yang lalu saya sempat mengorek-ngorek isi folder SM3T dan mendapatkan video tarian adat daerah Suku ngalum yang belum pernah terekspos saya kira. Tarian Bah namanya. Tari inin menceritakan tentang kehidupan masyarakat serta dongeng atau cerita orang tua kepada anaknya. Mereka memiliki formasi berbentuk lingkaran dengan penari laki-laki dan perempuannya terpisah. Penari perempuan menggunakan pakaian adat yang terbuat dari anyaman ilalang yang disebut "Unom" dibagian belakang tubuhnya membentuk seperti ekor burung. Anyaman tersebut apabila digerakkan naik turun akan menghasilkan bunyi yang ritmis.
               Sungguh nuansa yang sangat langka ditemui. Langsung melihat tarian dan penari di tempat aslinya dengan aksesoris lengkap burung cenderawatih dan malah bisa langsung foto sekalian. Hah, membuat saya ingat masa-masa terakhir mengajar disana. Tarian ini dipentaskan sebagai ujian akhir seni dan budaya kelas IX serta disaksikan oleh semua warga sekolah serta masyarakat sekitarnya.
                 Kalian harus menonton tarian ini. Tarian yang ditampilkan di alam terbuka dengan latar bukit dan hutan. Harmoni penciptaan dan kearifan budaya.

No comments:

Post a Comment